Serba-serbi Cerita Cinta Karya Tere Liye

Judul buku: Sepotong Hati yang Baru

Pengarang: Tere Liye

Penerbit: Mahaka Publishing

Tahun terbit: 2012

Jumlah halaman: 206

 

Pernahkah kamu merasa cinta? Setiap manusia pasti pernah merasakannya. Terlebih lagi merasakan cinta kepada sesama. Banyak kisah-kisah tentang cinta, termasuk kisah-kisah karya Tere Liye dalam bukunya “Sepotong Hati Yang Baru”.

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku yang berjudul “Berjuta Rasanya”. Terdiri dari delapan cerita pendek yang memiliki kesamaan tema yaitu Cinta. Tak selamanya kisah-kisah cinta berakhir bahagia, itulah yang dirasakan dari kedelapan cerita pendek ini. Kendati begitu setiap cerita sarat akan kisah hikmah.

Kisah yang pertama, berjudul “Hiks, Kupikir Itu Sungguhan”. Dalam buku Berjuta Rasanya, pernah dituliskan kisah yang serupa. Sebuah cerita cinta sederhana yang mungkin saja dapat terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Lewat kisah ini, seolah diperingatkan agar tidak hanya melihat apa yang ingin kita lihat, melainkan harus melihat kenyataan yang ada dengan mata terbuka lebar.

Ada banyak quotes-quotes dari Tere Liye. Seolah-olah mengingatkan kita akan Cinta yang sesungguhnya itu seperti apa. Misalnya quotes dari cerita yang berjudul “Percayakah Kau Padaku”. Kisah mengenai seorang ayah yang tengah bercerita kepada anaknya tentang kisah cinta Rama-Shinta.

“Cinta yang besar, tanpa disertai komitmen dan kepercayaan, maka ia hanya akan menelan diri sendiri.”

Selain itu, adapun kisah cinta mengenai dua pasang sejoli yang hidup di jaman penjajahan Indonesia. “Itje Noerbaja dan Kang Djalil”. Nuansa penjajahan dalam kisah ini terasa begitu nyata, akan suasana penjajahan jaman Belanda. Bahkan bahasa yang ditulis oleh tere liye menggunakan bahasa Indonesia tempo dulu.

Bagi yang belum terbiasa dengan Bahasa Indonesia tempo dulu mungkin agak kesulitan membaca kisah Itje Noerbaja ini. Walaupun begitu, gaya penulisan Tere-Liye yang mengalir dengan baik dan berhasil menggugah emosi tetap berhasil membuatku puas saat menutup buku ini.

Setiap kisahnya berhasil menyampaikan pesan yang berbeda-beda, memberikan makna tentang cinta. Buku ini mungkin akan cocok bagi yang sedang ingin banyak membaca cerita-cerita pendek tentang kisah cinta. Bahkan untuk anak-anak pun bisa, walaupun hanya kisah cinta Rama dan Shinta. Karena semua cerita-cerita dalam buku ini sarat akan hikmah cinta.

“Aku baru menyadari, cinta bukan sekadar soal memaafkan. Cinta bukan sekadar soal menerima apa adanya. Cinta adalah harga diri. Cinta adalah rasionalitas sempurna.”Quotes terakhir ini yang berasal dari cerita berjudul “Sepotong Hati yang Baru”.

About these ads

2 thoughts on “Serba-serbi Cerita Cinta Karya Tere Liye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s