Mengenali Sosok Asma Nadia dari Twitternya

salmanitb.com

Judul buku          : Twittografi Asma Nadia

Penulis Buku      : Asma Nadia

Penerbit              : Asma Nadia Publishing House

Cetakan               : Desember 2011

Jumlah Halaman:  292 Halaman

Siapa sih Asma Nadia? Pertanyaan tersebut saya lontarkan saat saya baru masuk dalam dunia kepenulisan. Ya, awalnya saya tak mengenal siapa dia. Karena guru menulisku sering menyebut-nyebut namanya.

Hal tersebut, membuat saya mencari buku-buku karya Asma Nadia. Kesan pertama membaca bukunya membuat saya merasa terinspirasi. Bahkan, membuat saya ingin terus membaca buku-buku karya wanita bernama asli Asmarani Rosalba tersebut.

Asma Nadia sendiri telah membuat 45 buku, dan yang terbaru adalah buku “Twittografi Asma Nadia” ini. Buku ini berisikan tweet-tweet Asma Nadia, yang diangkat dari twitter pribadinya,  @asmanadia.

Bisa dikatakan buku ini merupakan biografi mini Asma Nadia. Karena dalam buku ini ada masa lalu Asma Nadia, kisah cinta, perjuangan, pemikiran, ide, opini, dan berbagai hal yang belum pernah diungkap sebelumnya.

Ada satu kisah yang membuat saya terhenyak. Sejak kelas 2 SD ia selalu mendapat ranking 1.  Namun, di rapor SMA ia juga pernah mendapat nilai 4. Penyebabnya, guru olah raga tidak mengizinkan murid berjilbab ikut pelajaran olah raga. Asma yang memakai jilbab sejak kelas 3 SMP bahkan nyaris dikeluarkan dari sekolah lantaran berjilbab.

Ada juga twit yang menggelitik saya. September lalu Asma Nadia melemparkan pertanyaan lewat twitter tentang #taaruf gagal. Ternyata @asmanadians (penggemar Asma Nadia-red) cukup banyak yang merespon, contohnya;

RT @azkademic: #ta’aruf gagal maka… mendekat ke kiyai. @asmanadia: minta diajarin doa-doa untuk kekuatan hati:p

RT @OmPipik: #ta’aruf gagal maka. ‘Tembak’ langsung Bapak/ibunya *edisinekad*

RT @PKSJerman: #ta’aruf gagal maka… ngulang semester depan #hehe

Selain itu, adapun twit tentang Asma Nadia sendiri yang belum pernah dipublikasikan. Twit lainnya tentang jilbab, busana muslimah, keimanan, tentang cinta, pacaran, pernikahan, parenting, tips kepenulisan,  motivasi, kepedulian sosial, jilbab traveler, olahraga, dan tips diet.

Membaca buku ini seperti menyelami puluhan buku yang pernah ditulis oleh Asma Nadia. Sehingga pembacanya penasaran untuk mencari ide-ide yang tertuang dalam setiap buku karya Asma Nadia.

Meski buku ini terdiri dari 292 halaman. Namun, bagi saya buku ini tidak begitu tebal karena setiap halamannya hanya berisi 5-10 twit saja. Seperti halnya di twitter, panjang twitnya terbatas hanya 140 karakter. Walaupun begitu dalam buku ini ada beberapa twit yang termasuk long twit, yaitu twit lebih dari 140 karakter.

Buku ini cocok untuk dibaca siapa saja. Khususnya bagi penggemar dunia kepenulisan. Walaupun begitu, bukan berarti Asma Nadia adalah sosok penulis yang sempurna. Seperti halnya manusia biasa, iapun bisa salah dan error. Untuk lebih jelasnya jika ingin belajar banyak dari Asma Nadia, Jika ingin tahu lebih banyak tentang Asma Nadia, Maka buku ini adalah jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s