Sebuah Cerita Tak Terhitung di Gaza

Judul Buku : The Prometheus Project The Untold Story of Gaza

Pengarang : Freecs Stern

Penerbit : Pustaka Jingga

Tahun terbit : Januari 2013

Jumlah halaman: 185

Apa kabar Gaza hari ini? Masihkah terdengar dentuman misil yang senantiasa membombardir negeri itu? Mungkin saat ini tidak terlalu seheboh dua tahun lalu. Tatkala membaca kembali sebuah kisah tentang Gaza membuat siapapun teringat peristiwa dua tahun silam di Gaza, Palestina.

Melalui kisah fiksi “The Prometheus Project The Untold Story of Gaza” ini menanpakkan wajah gaza saat masa-masa perang dengan kaum zionis. Bukan hanya itu, bahkan kisah cinta, persahabatan, sampai sebuah misi rahasia terangkai dalam kisah seorang bernama Reyhan Fadilah.

Sebuah perjalanan menjadi seorang agen mata-mata membuat dirinya terperangkap dalam situasi sulit yang mengancam nyawanya. Berbagai pelatihan dilakukan saat akan menjadi seorang agen mata-mata. Hal tersebut menjadi ambisinya untuk mengikuti jejak ayahnya yang telah terbunuh di Gaza.

Terlepas dari itu, Reyhan terpaksa harus meninggalkan ibunya secara diam-diam. Karena ibunya tidak setuju jika Reyhan mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang agen mata-mata yang bergabung dengan sebuah organisasi bernama Pro-Humanity. Sebuah proyek besar yang membuat Reyhan pun harus pergi ke Gaza, yakni Prometheus Project.

Masa-masa putih abu adalah masa dimana Reyhan mendapatkan cinta pertamanya, Grace. Hingga akhirnya mereka terpisah dan dipertemukan kembali di Gaza. Saat Reyhan mencari kebenaran Prometheus Project. Kebenaran tentang Prometheus project pun akhirnya terungkap dan Reyhan sangat terkejut karena Prometheus merupakan sebuah kata sandi untuk gerakan kaum ilumi yang merupakan alasan dan dalang terjadinya peristiwa peperangan di Palestina.

Reyhan pun memahami sebab terbunuh ayahnya. Sebuah project yang terkuak, akankah Reyhan memboomingkan kebenaran itu keseluruh dunia?

Kisah fiksi ini merupakan proyek pertama Muhamad Yusup Hermawan, atau yang bernama pena Freecs Stern. Merasa tertantang untuk tidak membatasi diri dengan karya non fiksi saja, sehingga terbitlah kisah fiksi ini. Penulisan bahasa yang mengalir membuat siapa saja yang membacanya nyaman.

Alur yang digunakan adalah alur campuran, pada bab pertama dan terakhir membahas akan kisah yang tengah berjalan, sedangkan pada isi bab selanjutnya kembali ke masa lalu saat tokoh utama SMA.

Jika dilihat dari cover buku ini kurang menarik, terkesan biasa saja sehingga kurang membuat orang penasaran untuk membacanya. Walaupun demikian dalam novel fiksi ini lengkap dengan sebuah sinopsis yang lumayan membuat penasaran untuk membacanya.

Keterbacaan buku ini sangat cocok untuk dibaca semua orang, khususnya para akademisi dan mahasiswa. Buku ini sangat cocok pula bagi orang-orang yang hobi “ngulik” kata-kata sandi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s